Jumat, 12 Agustus 2011

Wacana Calon Presiden RI 20114

Bursa bakal calon Presiden Republik Indonesia sudah mulai marak dibicarakan, meski pemilihan presiden sendiri masih lama pada 2014 nanti. Beberapa nama sudah mulai diusung atau digadang-gadang sebagai bakal calon presiden periode mendatang. Di tengah panasnya suhu politik saat ini oleh berbagai pemberitaan tentang tindak korupsi yang dilakukan oleh Nazaruddin, wacana bakal calon presiden RI turut pula menjadi wacana hangat yang mendapat perhatian publik.

Seperti yang diberitakan, salah satu yang diusung untuk maju sebagai bakal calon Presiden RI adalah mantan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, yang diusung oleh Partai SRI. Partai ini sendiri merupakan partai yang baru dibentuk oleh beberapa tokoh dan ilmuwan Indonesia. Terlepas dari eksistensi kepartaian mereka yang baru dibentuk, upaya untuk mengusung Sri Mulyani Indrawati sebagai bakal calon Presiden RI periode mendatang sudah merupakan langkah berani.

Saat ditanya mengenai fenomena ini, Mohammad Ichlas El Qudsi yang merupakan kader Partai Amanat Nasional mengatakan bahwa sah-sah saja jika ada parpol yang ingin mengusung bakal calon Presidennya. Soal waktu yang terkesan masih lama, yakni tahun 2014 nanti, hal itu menurutnya dikembalikan kepada kebijakan masing-masing partai. Tetapi jika memang serius mengusung, memang sudah seharusnya dari jauh-jauh hari dilaksanakan upaya untuk mempopulerkan bakal calon tersebut.

“Sejauh ini saya tidak melihat ada masalah bagi parpol manapun untuk mengusung bakal calon presiden mereka. Jadi, silahkan saja mengusung. Sebab, Indonesia adalah Negara yang demokratis. Siapapun boleh dicalonkan maupun mencalonkan diri sebagai Presiden”, ujarnya.

Pria yang akrab disapa Michel ini menambahkan,”keberanian memang sangat diperlukan untuk bisa mengusung bakal calon Presiden oleh parpol. Terutama, bagi parpol yang baru dan perlu untuk mempopulerkan diri mereka terlebih dahulu. Kecenderungan pemilih untuk memilih parpol mana dan siapa yang pantas untuk menjadi Presiden sudah semakin dinamis dan kritis. Namun, soal apakah mereka mampu bertahan atau tidak itu semua tergantung dari mereka sendiri”, katanya lagi menambahkan.

Ketika ditanyakan mengenai bakal calon Presiden dari PAN sendiri, anggota DPR Asal Sumatera Barat ini menyatakan bahwa sejauh ini PAN belum membicarakan mengenai calon Presiden yang bakal diusung. PAN menurutnya masih terus melakukan konsolidasi dan berkonsentrasi mengembangkan kader-kader partai untuk memenangkan Pemilu mendatang.

Tidak ada komentar: